Selasa, 24 April 2012

Setia Amanda [Cerpen : KASIH SAYANG]

  Hari ini, Manda sudah terbangun dari tidurnya dengan penuh semangat dan sukacita. Ia ucapkan selamat pagi pada semua penghuni rumah, pembantu, tukang kebun, supir, tukang sayur yang lewat, bahkan pada orang yang gak ia kenal. Orang-orang tercengang melihat sikapnya yang rada-rada aneh itu, salah satunya, Nyokap dan Bokapnya sendiri. Mereka cuma menggeleng-gelengkan kepala melihat tingkah anaknya yang seperti kesambet setan mimpi.
            “Manda, kenapa kok kamu hari ini aneh sih?” Tanya Bokapnya ketika sedang sarapan bersama.
            “Aneh kenapa, Pa?” Tanya Manda sambil cengar-cengir.
            “Aneh aja kamu hari ini, senyum-senyum sendiri. Kamu sakit ya?”
            “Sakit? Ga kok, badan Manda gak panas kok” Kata Manda sambil meraba dahinya.
            “Hoalah, sudahlah Pak. Biarin aja sekali-kali Manda keliatan lebih semangat gini” Kata Nyokap ngeledek.
            “Iya bener tuh Pa, Mama aja biasa aja tuh!”
            “Iya deh, ngalah aja sama Manda”
            “Gitu dong, Pa. Hihi”
***
            Sebenernya, hari ini adalah hari bahagia bagi Manda. Hari ini bertepatan dengan hari jadinya dengan sang pacar, Leo, yang ke 3 tahun. Ia gak sabar mau ketemu dengan pacarnya untuk ngasih surprise. Ia sengaja bangun pagi-pagi, dan gak biasanya dia berkutat di dapur bersama Bi Iyem buat bikin sebuah kue. Walaupun gak ada sedikitpun keahlian membuat kue, tapi Manda tetep ngotot pengen bikin kue untuk ngerayain hari jadinya bersama pacarnya. Dengan sabar, Bi Iyem membantu Manda yang bawel binti cerewet ini tuk membuat kue, tepatnya kue black forest, kesukaan Leo.
            “Yeaaah, akhirnya jadi juga kue ini!” Gumam Manda.
            “Emang kuenya buat siapa sih, neng?” Tanya Bi Iyem.
            “Hmmm, ada deeh. Bibi mau tau aja deeh” Kata Manda sambil memeletkan lidah.
            “Dasar anak muda zaman sekarang, ditanyain malah jawabnya gitu. Yowislah kalau gitu, bibi mau nyetrika dulu”
            “Oke deh, bi”
            Manda pun membereskan peralatan dapur yang ia gunakan tadi, lalu membungkus kue tadi dalam sebuah kotak berukuran sedang. Ia gak sabar ingin segera memberikan kue yang keliatannya sih enak itu ke cowoknya yang paling ia sayang. Setelah siap, ia bergegas menuju kamar untuk berdandan.
***
Setelah Manda dirinya sudah cukup cantik dan rapi, Ia pun  bergegas menuju rumah sang pangerannya. Ia sengaja tak mengabari cowoknya itu, karena ia ingin memberi kejutan yang pasti gak diduga sama si leo.
            Setibanya di depan rumah Leo, Manda pun mengetuk pintu yang terlihat usang itu. Lalu gak lama kemudian sesosok lelaki muncul dari balik pintu, tapi bukan Leo.
            “Eh ada kak Manda, pasti nyari Kak Leo ya?” Kata Naufal, adeknya Leo.
            “Iya dek, mana tuh kakakmu? Panggilin dong”
            “Ada, tuh dia lagi di kamar belum keluar-keluar daritadi”
            “Masih tidur dek?”
            “Gak tau deh, aku liat dulu deh. Kakak masuk aja dulu, tunggu di ruang tengah aja”
            “Oh oke deh”
            Manda pun duduk menunggu orang yang ia cari itu. Ia agak sedikit bete. “Ah tuh orang kebo banget sih? Masa jam segini belum bangun? Huuh” Gerutu  Manda dalam hati.  5 menit kemudian datanglah Leo dengan senyumnya yang membuat rasa betenya Manda jadi ilang.
            “Sayang, happy anniversary yaa” Ucap Manda sambil memeluk Leo.
            “Iya cinta. Kok kamu pagi-pagi udah kesini? Kan nanti siang aku mau ajak kamu jalan”
            “Ahh aku udah gak sabar sayang pengen ketemu kamu. Aku pengennya sekarang aja. Nih aku bawa sesuatu buat kamu” Kata Manda sambil menyuguhkan kotak yang ia bawa.
            “Apa ini, cinta?” Tanya Leo penasaran.
            “Buka aja”
            “Waaaw, black forest! Kesukaan aku banget nih cinta! Tau aja sih kamu. Thank you ya cinta” Kata Leo sambil mencubit hidung Manda gemas.
            “Iya sama-sama. Btw, aku bikin sendiri loh sayang”
            “Oh ya? masa sih?”
            “Iya dong, masa aku boong? Cobain deh!”
            “Hmm, kok enak sih??” Tanya Leo ngeledek.
            “Ih nanyanya masa begitu. Enaklah! Siapa dulu dong yang bikin, Manda gituu!”
            “Iya deh iya, aku akuin deh kamu ternyata jago juga bikin kuenya” Kata Leo sambil melahap satu persatu potongan black forest.
            “Unyu unyu, nafas dong sayang makannya. Malu-maluin aja sih”
            “Abis enak sih, lagipula juga aku lagi laper. Hehe”
            “Duh kacian pacalku yang satu ini. Yaudah makan aja sampe abis”
            “Nah gitu dong”
            “Sayang, gak terasa ya kita udah 3 tahun jadian?” Kata Manda memulai topik baru.
            “Iya cinta. Aku seneng deh bisa bersama kamu terus. Semoga kita langgeng yah sampe kakek nenek”
            “Amiin. Aku gak mau jauh dari kamu sayang”
            “Makasi ya, cinta. Kamu udah mau setia dan sabar sama aku”
            “Iya sayang, kamu juga selalu sabar walaupun terkadang aku suka manja dan terlalu hiper protektif sama kamu.”
            “Apapun yang terjadi, kamu mau kan selalu di sampingku?”
            “Iya sayang. Kalau Tuhan emang berkehendak kita selalu bersama, aku akan selalu di sampingmu. Aku gak bisa jauh darimu”
            “Aku juga, cinta. Kamu jangan pernah tinggalin aku ya?”
            Suasana pun  berubah jadi sunyi dan mencekam. Pembicaraan mereka lama-kelamaan semakin serius. Setelah mengucapkan itu, Leo menatap Manda begitu dekat, hingga akhirnya kini wajah mereka hanya berjarak 1 cm. Apakah yang terjadi?
            “Toook… tookkk… tookkk!!” Suara ketukan pintu pun memecah kesunyian dan mengagetkan mereka yang sedang bercumbu itu. Sontak saja, Leo langsung salah tingkah dan segera menuju tuang tamu untuk melihat siapa yang datang. Manda pun jadi tersipu malu, sampai-sampai mukanya jadi memerah.
            Saat Leo membuka pintu, terlihat sesosok cewek tinggi langsing dengan rambut panjang terurai dan senyum yang menggoda. Ia sangat mengenali cewek itu. Tapi ia langsung panik dengan kedatangan cewek itu yang gak ia harapkan untuk datang sekarang. Ia takut melukai hati Manda yang baru saja merayakan 3 tahun jadian mereka.
            “Hei, baby. Kok handphone kamu aku telepon gak aktif sih?” Tanya cewek, yang bernama Mona itu.
            “Heh lo siapa sih? Cewek gila lo ya nyasar ke rumah gue! Pergi lo sana, atau gue teriak maling buat ngusir lo!”
            “Ihh baby kamu kenapa sih? Ga banget deh. Kamu baru bangun ya? kok ngigo gitu sih? Kata Mona sambil menepuk muka Leo.
            “Cewek sialan! Pergi lo sana! Jangan ganggu gue!” Usir Leo sambil mendorong tubuh cewek seksi itu. Amanda yang lagi ada di ruang tengah pun penasaran dengan apa yang terjadi di luar, karena mendengar suara teriakan Leo. Ia pun bergegas menuju ruang tamu.
            “Kamu kok tega sih sama aku, beb. Aku salah apa? Aku kangen banget sama kamu. Pengen ketemu kamu, tapi kok kamu jadi aneh gini sih?”
            “Ada apa ini?” Tanya Manda yang tiba-tiba mengagetkan mereka berdua, terutama Leo yang ngerasa riwayatnya akan habis hari ini juga.
            “Heh, lo siapa? Ngapain lo di rumah cowok gue?!”
            “Ada juga lo yang siapa? Ngapain lo ngaku-ngaku cewek Leo. Gue tuh ceweknya! Gila lo ya!” Kata Manda gak mau kalah.
            “Lo yang ngaku-ngaku! Gue ceweknya Leo! Apa-apaan sih lo pagi-pagi gini berduaan di rumah cowok gue! Dasar cewek murahan!”
            “Kurang ajar lo!” Kata Manda geram.
            “Sudah sudah!! Mona lo mendingan pergi deh sekarang juga! lo bukan siapa-siapa gue lagi!!”
            “Oke gue pergi, tapi lo juga harus usir cewek gatel ini juga!” Kata Mona lalu pergi meninggalkan Leo dan Manda.
            “Be…be..benar apa yang tadi dibilang sama cewek itu?” Tanya Manda terbata-bata tak percaya.
            “Cinta, ini hari jadi kita yang ke 3 tahun. Kamu tau kan kalau aku cuma sayang sama kamu? Udahlah gak usah dimasukin kehati omongan cewek tadi”
            “Tapi kenapa dia ngaku cewek kamu? Apa ada yang disembunyiin dari aku selama ini?! Jawab jujur!”
            “Aku ga sembunyiin apa-apa dari kamu! Tolong percaya aku, aku cuma cinta sama kamu”
            “Tapi aku gak percaya, aku ngerasa cewek itu bener!!”
            “Kamu lebih percaya sama cewek gila itu daripada aku?!”
            “Iya! Kamu tega banget sih ternyata kamu masih belum berubah juga!”
            “Yaudah aku minta maaf. Tapi aku bener-bener gak ada apa-apa sama dia. Dia cuma masa laluku!”
            “Bohong! Gak mungkin mantan tiba-tiba ngedatengin kamu dan manggil kamu baby segala! Udahlah gak usah ada yang harus dibahas lagi. Aku udah capek!” Kata Manda sambil bergegas pergi dengan linangan air mata.
            “Mandaa! Jangan pergi, kamu harus denger penjelasanku dulu!” Kata Leo sambil mengejar dan menggapai tangan Manda.
            “Lepasin! Aku udah capek terus-terusan dipermainkan sama kamu! Aku udah terlalu sering ngasi kesempatan buat kamu untuk berubah, tapi apa? Kamu masih sama aja! Masih sering ngehianatin aku!”
            “Aku gak mau sia-siakan kesempatan ini lagi, manda. Kamu jangan pergi. Aku gak sanggup hidup tanpamu”
            “Alah! Semua gombalmu udah basi! Kamu emang gak pernah bisa serius sama janji-janji kamu! Aku udah muak sama semua janji-janji kamu”
            “Aku akan buktikan kalau aku cuma sayang sama kamu!”
            “Percuma! Telat! Kamu cuma bisa mempermainkanku dan melukaiki saja! Aku masih punya perasaaan! Kamu jangan seenaknya mempermainkanku!”
            “Aku minta maaf manda. Kamulah satu-satunya cewek yang ada di hatiku. Cuma kamu yang ngerti aku”
            “Aku gak peduli! Udah cukup 3 tahun aja! Setelah itu jalani hidup masing-masing. Mulai detik ini kita putus!!”
            “Kenapa kamu memutuskan hubungan kita disaat kita sedang 3 tahunan ini? Padahal aku masih ingin berbahagia bersamamu”
            “Aku udah gak tahan dikhianati kamu terus! Kamu selalu saja mengulangi kesalahanmu, seolah kamu gak punya dosa! Kamu gak pernah mikirin gimana perasaanku!” Kata Manda sambil melepas cengkraman Leo dan berlari meninggalkan Leo seorang diri. Cowok itu kini menatap terpaku kepergian cewek yang paling ia cintai itu.
            Penyesalan emang datangnya selalu belakangan. Itulah yang sedang dialami oleh Leo. Ia hanya bisa menyesali kepergian Manda yang sangat tidak ia harapkan. Semua permainannya selama ini tak pernah bisa mengubah perasaan cintanya yang hanya untuk Manda seorang. Sampai kapanpun, Leo akan tetap mencintai dan mengharapkan cinta Manda. Leo terkulai lemas, ia benci pada dirinya sendiri.
            “Seandainya waktu dapat ku putar, aku berjanji takkan pernah menyia-nyiakan kamu, Manda. Cuma kamu yang bisa terima aku apa adanya, mengerti aku disaat suka ataupun duka. Aku akan tetap mencintaimu hingga ajalku mendekat nanti” Lirih Leo.

*** THE END ***
 
BY: WIDYAWATI
SUMBER:

0 komentar:

Posting Komentar

Please Leave Your Comment :)