Rabu, 11 April 2012

Siksaan



Siksaan atau penyiksaan (Bahasa Inggris: torture) digunakan untuk merujuk pada penciptaan rasa sakit untuk menghancurkan kekerasan hati korban. Segala tindakan yang menyebabkan penderitaan, baik secara fisik maupun psikologis, yang dengan sengaja dilakukkan terhadap seseorang dengan tujuan intimidasi, balas dendam, hukuman, sadisme, pemaksaan informasi, atau mendapatkan pengakuan palsu untuk propaganda atau tujuan politik dapat disebut sebagai penyiksaan. Siksaan dapat digunakan sebagai suatu cara interogasi untuk mendapatkan pengakuan. Siksaan juga dapat digunakan sebagai metode pemaksaan atau sebagai alat untuk mengendalikan kelompok yang dianggap sebagai ancaman bagi suatu pemerintah. Sepanjang sejarah, siksaan telah juga digunakan sebagai cara untuk memaksakan pindah agama atau cuci otak politik.

Siksaan yang sifatnya psikis yakni:

  • Kebimbangan: hal ini akan dialami oleh seseorang apabila ia tidak dapat menetukan pilihan mana yang akan diambil. Lamanya kebimbangan ini dapat teratasi tergantung dari kekuatan berpikir seseorang.

  • Kesepian: hal ini dapat dialami seseorang yakni rasa sepi dalam dirinya sendiri atau jiwanya walaupun ia berada di lingkungan orang ramai.

  • Ketakutan: merupakan bentuk lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami siksaan batin. Apa bila ketakutan yang dialami oleh seseorang tersebut tidak pada tempatnya, maka hal ini disebut phobia.


Hal-hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi ketakutan yakni:

  • Claustrophobia dan Agoraphobia: claustrophobia adalah rasa takut terhadap ruangan tertutup sedangkan agoraphobia adalah rasa takut berada di tempat terbuka.

  • Gamang: merupakan ketakutan apabila seseorang berada di tempat tinggi.

  • Kegelapan: takut bila berada di tempat gelap.

  • Kesakitan: ketakutan yang disebabkan oleh rasa sakit yang akan dialami.

  • Kegagalan: ketakutan dari seseorang yang disebabkan karena merasa bahwa apa yang akan dijalankan mengalami kegagalan.


Siksaan yang dialami manusia dalam kehidupan sehari-hari banyak terjadi dan banyak dibaca

diberbagai media massa. Bahkan kadang-kadang ditulis dihalaman pertama dengan judul huruf

besar, dan kadang-kadang disertai gambar si korban.


OPINI:


Siksaan adalah suatu perbuatan yang berdasarkan perasaan benci, dan mengungkapkannya secara fisik. Siksaan bisa membuat orang lain menjadi sakit bathin dan fisik.


SUMBER:
http://djuriatun.blogspot.com/2011/06/pengertian-siksaan.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Please Leave Your Comment :)