Kamis, 12 April 2012

Penderitaan dan Sebab-sebabnya



Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat dari lahir atau batin, atau lahir batin. Jadi penderitaan adalahmenanggung atau menjalani sesuatu yang sangat tidak menyenangkan.Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan


Sebab-sebab timbulnya penderitaan :

a. Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia.

Penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia denganalam sekitarnya. Penderitaan ini kadang disebut basib buruk. Nasib buruk inidapat diperbaiki manusia supaya menjadi baik. Dengan kata lain, manusialahyang dapat memperbaiki nasibnya. Perbedaan nasib buruk dan takdir, Tuhanyang menentukan sedangkan nasib buruk itu manusia penyebabnya.

b. Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan / azab Tuhan
Penderitaan manusia dapat juga terjadi akibat penyakit atau siksaan/ azab Tuhan. Namun kesabaran, tawakal, dan optimism dapat berupa usahamanusia untuk mengatasi penderitaan itu.


OPINI:
Berdasarkan dari pembahasan di atas, pada dasarnya penderitaan itu disebabkan oleh beberap hal. Contohnya berasal dari fisik atau rohani, berasal dari manusia atau Tuhan, berasal dari konflik atau peperangan dan lain-lain. Penderitaan itu sama saja, meskipun beda sumbernya. Karena penderitaan itu merupakan rasa sakit yang mendalam yang disebabkan oleh musibah ataupun cobaan hidup.

SUMBER:
http://www.scribd.com/doc/88476642/Manusia-Dan-Penderitaan

0 komentar:

Posting Komentar

Please Leave Your Comment :)