Rabu, 13 Juni 2012

Keadilan Untuk Lingkungan Dimulai dari Diri Sendiri


Mungkin telinga kita sudah tidak asing lagi dengan kata "Adil" yang sering kali terucap lewat berbagai macam argumen. Semua orang menuntut keadilan. Karena keadilan yang belum terpenuhi pun, banyak pertikaian yang terjadi. Keadilan pun bagai sebuah harta karun yang selalu diburu oleh orang yang haus akan keadilan. Kemanakah keadilan itu? Mengapa semua orang butuh keadilan? Apakah keadilan saja sudah cukup untuk mengatasi semua masalah yang ada?

Semua pertanyaan tadi, sering muncul dalam benak kita. Seperti yang kita ketahui , adil itu artinya sama rata, atau menempatkan sesuatu pada tempatnya.Dalam kehidupan, adil itu tidak melulu kita tujukan pada pemerintah. Keadilan itu harus kita mulai dari diri sendiri. Contoh yang paling sederhana yang sering saya alami adalah: ketika persediaan keuangan saya yang mulai menipis. Sedangkan pengeluaran sedang banyak-banyaknya. Simpel saja, kita harus selalu menempatkan prioritas terpenting atas segala pengeluaran yang ada. Adil itu identik sekali dengan Bijak. Dalam bersikap adil, dibutuh kan sikap bijak kita untuk memilih mana yang lebih penting untuk didahulukan.

Adil itu bisa dicontoh kan dengan hal sederhana seperti: selalu rapi dan mencintai kebersihan dimanapun kita berada. Misalnya di rumah kita sendiri. Biasakan hidup bersih dari diri sendiri. Rajin membersihkan dan merapikan rumah adalah contoh adil terhadap lingkungan. Mengapa? Karena kita bisa mementingkan kesehatan dan keindahan di lingkungan. Coba bayangkan jika lingkungan kita kotor dan berantakan. Apa yang akan terjadi? Hewan-hewan pembawa bibit penyakit pun bisa muncul. Lingkungan juga jadi tidak sedap untuk dipandang. Nah, maka sebelum semua dampak buruk itu datang, maka ADIL lah untuk diri anda sendiri bahkan untuk orang-orang di sekitar anda. Adil untuk lingkungan, kesehatan serta masa depan mu :)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

bnr jg tuch.... adil itu bsa dimulai dr dri sendri. like this!

Posting Komentar

Please Leave Your Comment :)