Rabu, 05 Oktober 2011

BAB 2 Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Nama               :  Widyawati
Kelas               :  1KA30
NPM               :  17111393
Kelompok       :  3
Tugas ISD
BAB II Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan
Pengertian Angka Kelahiran
Angka Kelahiran (Natalitas) adalah jumlah kelahiran per 1000 penduduk.
Pengertian Dinamika Penduduk
Perubahan jumlah, struktur dan persebaran penduduk untuk suatu daerah tertentu dari waktu ke waktu yang disebabkan oleh fertilitas, mobilitas dan mortalitas.
3 Piramida Penduduk
Piramida penduduk adalah grafik yang berbentuk segitiga yang menggambarkan distribusi usia dan jenis kelamin penduduk dalam Negara atau wilayah tertentu, dimana jumlah penduduk pada sumbu X sedangkan kelompok usia (cohort) pada sumbu Y. Penduduk laki-laki ditunjukkan pada bagian kiri sumbu vertikal, sedangkan penduduk perempuan di bagian kanan.
Piramida penduduk ada 3, yaitu:
1.      Piramida penduduk yang mempunyai dasar lebar menunjukkan terjadinya kelahiran yang tinggi di waktu-waktu yang lalu.
2.      Piramida penduduk yang berbentuk kerucut menunjukkan kelahiran besar di waktu yang lalu tetapi kematian bayi yang tinggi menyebabkan proporsi penduduk yang dapat hidup terus ke usia dewasa dan menjadi tua lebih sedikit.
3.      Piramida penduduk dengan badan gemuk dan dasar yang sama atau lebih kecil dan dengan ujung atas yang membesar menunjukkan bahwa beberapa waktu yang lalu telah terjadi jumlah kelahiran yang cukup besar, tetapi tingkat kematian bayi menurun sehingga jumlah bayi yang lahir dan tetap hidup mencapai usia dewasa lebih banyak dari jumlah sebelumnya.
Studi Kasus

Hasil sensus penduduk 2010 Penduduk Indonesia tahun 2010 diperkirakan sekitar 234.2 juta. Sensus diselenggarakan pada tahun 2010. Sensus-sensus penduduk sebelumnya diselenggarakan pada tahun-tahun 1961, 1971, 1980, 1990 dan 2000 Menurut Sensus Penduduk 2000, penduduk Indonesia berjumlah sekitar 205.1 juta jiwa, menempatkan Indonesia sebagai negara ke-empat terbesar setelah Cina, India dan Amerika Serikat. Sekitar 121 juta atau 60.1 persen di antaranya tinggal di pulau Jawa, pulau yang paling padat penduduknya dengan tingkat kepadatan 103 jiwa per kilometer per segi. Penduduk Indonesia tahun 2010 diperkirakan sekitar 234.2 juta.


Opini
 Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa, jumlah penduduk Indonesia berada di posisi yang memprihatinkan. Mengapa? Karena ledakan penduduk yang terjadi di Indonesia tidak merata di setiap pulau atau wilayah yang ada di Indonesia. Pemerintah harusnya menggalakkan lagi program keluarga berencana atau transmigrasi. Program Keluarga berencana bertujuan untuk mengurangi angka kelahiran demi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Sedangkan Transmigrasi bertujuan untuk menyebar jumlah penduduk agar merata dan tidak hanya padat di satu wilayah saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Please Leave Your Comment :)