Jumat, 11 November 2011

Maha TO THE Siswa


Masa peralihan dari siswa menjadi mahasiswa adalah proses yang tersulit dalam hidup. Karena pola pikir dan gaya hidup serta metode pembelajaran sangat berbeda antara masa SMA dengan perguruan tinggi. Emosi dan sifat juga bisa berubah karena proses peralihan ini. Namun ini bukanlah suatu persoalan yg harus ditakuti. Karena ini merupakan suatu kewajaran dalam proses pendewasaan diri. Disaat peralihan inilah jati diri sendiri ditemukan. Sesorang akan terlihat sifat aslinya dimasa-masa perguruan tinggi. Mungkin akan berbeda dengan sifat yg sebelumnya. Itupun juga tergantung pada pergaulan dan sudut pandang seseorang. 

Kebanyakan mahasiswa khususnya ditingkat 1 masih belum sepenuhnya mengalami pendewasaan diri. Hal ini disebabkan oleh masih belum terbiasanya seseorang mengalami perbedaan dalam dunia barunya. Namun, slow but sure, perubahan pasti akan ada. Sifat seorang yg dewasa terkadang lebih individualis, tidak selalu bergerombol dengan temannya. Krn ia sudah memiliki jalan hidup dan prinsip hidup yg telah tertanam dalam dirinya. Inilah yang akan menjadi benteng hidupnya. 

Seseorang yang dewasa adalah orang yang mampu mengendalikan diri dan orang lain. Tidak terlalu memikirkan kepentingan orang lain dan tidak bergantung pada orang lain. Orang yg telah memiliki sifat yang dewasa cenderung cuek dan tidak peduli dengan anggapan orang tentang dirinya. Yang ia pikirkan hanyalah bagaimana cara untuk membuktikan bahwa ia lah yang terbaik. Dalam dunia perkuliahan, semuanya harus serba mandiri, termasuk juga dalam hal mengerjakan tugas. Janganlah selalu mengandalkan jawaban dr teman yg pintar. Apalah artinya nilai bagus kalo ternyata ia tidak mengerti apa yg ia kerjakan. Lebih baik, ubah cara pikir untuk masa depan sendiri. Jadilah orang yang kritis dan berpikir maju. Hilangkan sifat manja. Jangan terlalu baik dengan orang yang belum tentu baik dengan kita. Jangan jadi jiwa yang egois. Jangan terlalu menaruh kepercayaan besar pada org lain, blm tentu ia akan selamanya menjadi kawan kita. Mungkin suatu saat nanti ia akan jadi musuh bebuyutan. 

So, be adult.. No only appearance, but your mind and your attitude..

0 komentar:

Posting Komentar

Please Leave Your Comment :)