Jumat, 02 Desember 2011

#LetterForMyMom



#LetterForMyMom

#DearMama

Aku tahu aku bukanlah anak yang belum bisa dikatakan sebagai anak yang berbakti padamu. Tingkah lakuku sering kali tak mulia di hadapanmu. Sering kali kata-kata kasar kau tangkap di telingamu dari mulutku. Aku tahu aku sungguh berdosa padamu, mama. Entah sudah sebesar apa dosaku ini padamu. Aku hanya bisa menyesal dan berharap padamu bahwa masih ada secercah pengampunan untukku yang hina ini.

Mama, maafkan aku yang semakin dewasa justru semakin membangkang padamu. Ampuni aku, ma. Aku hanya ingin jadi anak yang terbaik dalam hidupmu. Aku hanya ingin jadi anak yang berguna dalam hidupmu. Entah apa yang bisa aku perbuat agar buatmu bahagia. Namun, apapun akan kulakukan untukmu. Meskipun tak ada lagi kebahagiaan dalam hidupku, aku rela mengorbankannya demi kebahagiaanmu.

Mama, maafkan aku yang terkadang selalu rewel dan selalu menuntut banyak padamu. Maafkan sifatku yang ego dan kekanakan ini, ma. Maafkan aku yang selalu banyak maunya. Aku tahu, tak semua yang aku minta, dapat kau kabulkan. Karena ini semua demiku juga. Aku tahu kau sedang kesulitan, namun dalam hatimu kau tetap berusaha agar aku senang. Tapi, apa yang aku lakukan? Justru aku malah semakin serakah dan terus menuntut untuk meminta ini itu tanpa memperdulikan perasaanmu. Sungguh aku tega sekali padamu, ma. Aku memang anak yang tak tahu diri padamu. Aku jarang bersyukur atas apa yang selama ini kau relakan untukku. Aku semakin merasa tak puas atas segalanya. Aku terus memaksa dan memaksa agar semua keinginanku terpenuhi.

Mama, aku tahu ada cinta yang amat besar dalam lubuk hatimu untukku. Sejak ku terlahir dari rahimmu yang suci, aku sudah merasakan begitu dahsyatnya rasa cintamu yang benar-benar tiada tandingannya di dunia. Engkau rela mempertaruhkan nyawamu supaya aku dapat kesempatan untuk hidup di dunia ini. Dan ketika aku terlahir, kau rela menjadi repot akan kehadiranku yang rewel. Yang selalu saja menangis jika apa yang aku ingini tidak terpenuhi. Dengan cinta kasihmu, mama. Kau perjuangkan hidup matimu demi aku. Kau banting tulang dan kuras keringatmu demi anakmu ini, yang hanya berleha-leha bak ratu. Sungguh teganya aku padamu, ma. Yang hanya ingin dilayani olehmu, bak pembantu. Ampuni aku, ma. Aku sungguh tak berguna untukmu.

Lewat surat yang lusuh ini, aku hanya ingin menyampaikan maaf yang tiada batasnya untukmu. Mungkin maaf saja tak cukup bagimu. Namun, aku akan wujudkan semua impianmu. Aku akan buktikan padamu bahwa aku bisa jadi anak yang membanggakanmu. Suatu saat nanti, di masa depan nanti aku akan membuktikannya, ma. Aku akan gapai bintang tertinggi, bahkan di langit ke tujuh pun akan ku raih. Itu semua demimu ma, itulah bentuk balas budiku atas segala pengorbanan cintamu selama ini. Meskipun tetap tidak cukup untukmu, tapi akan aku lakukan hingga akhir hayatku. Aku hanya ingin mengabdi dan berbakti padamu. Aku hanya ingin berkasih padamu. Aku hanya ingin menjadi perawat di hari tuamu. Aku hanya ingin menjadi pelindungmu dari segala ancaman dan marabahaya. Aku hanya ingin menjadi jaminan dalam hidupmu. Aku rela nyawaku hilang demimu..

Mama, aku lihat di balik sudut matamu yang teduh itu, ada surga yang indah. Akankah ku dapati surga itu, ma? Pantaskah aku mendapatkannya? Aku ingin sekali, ma berada di sana bersamamu juga. Aku ingin hidup kekal bersamamu di sana. Aku ingin bahagia bersamamu. Menjadi anak yang berbakti padamu. Boleh ya, ma? Please..
*Big Hug and Kiss for you*


#WithLove
#YourTheBestDaughterForever
@Widyaahw

Statistik Blog Saya ^^ (Agustus-Desember 2011)


Selasa, 22 November 2011

BAB 9 Prasangka, Diskriminasi dan Etnosentrisme

NAMA: WIDYAWATI
NPM: 17111393
KELAS: 1KA30
KELOMPOK: 3
 BAB 9 Prasangka, Diskriminasi dan Etnosentrisme
 
Pertentangan-Pertentangan Sosial dan Ketegangan Dalam Masyarakat

Konflik (pertentangan) mengandung suatu pengertian tingkah laku yang lebih luas dari pada yang biasa dibayangkan orang dengan mengartikannya sebagai pertentangan yang kasar atau perang. Dasar konflik berbeda-beda. Terdapat 3 elemen dasar yang merupakan cirri-ciri dari situasi konflik yaitu :
  1. Terdapatnya dua atau lebih unit-unit atau baigan-bagianyang terlibat di dalam konflik
  2. Unit-unit tersebut mempunyai perbedaan-perbedaan yang tajam dalam kebutuhan-kebutuhan, tujuan-tujuan, masalah-masalah, nilai-nilai, sikap-sikap, maupun gagasan-gagasan 
  3. Terdapatnya interaksi di antara bagian-bagian yang mempunyai perbedaan-perbedaan tersebut.
Konflik merupakan suatu tingkah laku yang dibedakan dengan emosi-emosi tertentu yang sering dihubungkan dengannya, misalnya kebencian atau permusuhan. Konflik dapat terjadi pada lingkungan yang paling kecil yaitu individu, sampai kepada lingkungan yang luas yaitu masyarakat :

  1.  Pada taraf di dalam diri seseorang, konflik menunjuk kepada adanya pertentangan, ketidakpastian, atau emosi-emosi dan dorongan yang antagonistic didalam diri seseorang 
  2. Pada taraf kelompok, konflik ditimbulkan dari konflik yang terjadi dalam diri individu, dari perbedaan-perbedaan pada para anggota kelompok dalam tujuan-tujuan, nilai-nilai, dan norma-norma, motivasi-motivasi mereka untuk menjadi anggota kelompok, serta minat mereka. 
  3. Para taraf masyarakat, konflik juga bersumber pada perbedaan di antara nilai-nilai dan norma-norma kelompok dengan nilai-nilai an norma-norma kelompok yang bersangkutan berbeda.Perbedan-perbedaan dalam nilai, tujuan dan norma serta minat, disebabkan oleh adanya perbedaan pengalaman hidup dan sumber-sumber sosio-ekonomis didalam suatu kebudayaan tertentu dengan yang aa dalam kebudayaan-kebudayaan lain.
Adapun cara-cara pemecahan konflik tersebut adalah : 
  1. Elimination; yaitu pengunduran diri salah satu pihak yang telibat dalam konflik yagn diungkapkan dengan : kami mengalah, kami mendongkol, kami keluar, kami membentuk kelompok kami sendiri 
  2. Subjugation atau domination, artinya orang atau pihak yang mempunyai kekuatan terbesar dapat memaksa orang atau pihak lain untuk mentaatinya 
  3. Mjority Rule artinya suara terbanyak yang ditentukan dengan voting akan menentukan keputusan, tanpa mempertimbangkan argumentasi 
  4. Minority Consent; artinya kelompok mayoritas yang memenangkan, namun kelompok minoritas tidak merasa dikalahkan dan menerima keputusan serta sepakan untuk melakukan kegiatan bersama 
  5. Compromise; artinya kedua atau semua sub kelompok yang telibat dalam konflik berusaha mencari dan mendapatkan jalan tengah 
  6. Integration; artinya pendapat-pendapat yang bertentangan didiskusikan, dipertimbangkan dan ditelaah kembali sampai kelompok mencapai suatu keputusan yang memuaskan bagi semua pihak.

BAB 8 Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kemiskinan

NAMA: WIDYAWATI
NPM: 17111393
KELAS: 1KA30
KELOMPOK: 3
 BAB 8 Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kemiskinan
ARTI FENOMENA TEKNIK PADA MASYARAKAT
Teknologi memperlihatkan fenomenanya alam masyarakat sebagai hal impersonal dan memiliki otonomi mengubah setiap bidang kehidupan manusia menjadi lingkup teknis. Jacques Ellul dalam tulisannya berjudul “the technological society” (1964) tidak mengatakan teknologi tetapi teknik, meskipun artinya sama. Menurut Ellul istilah teknik digunakan tidak hanya untuk mesin, teknologi atau prosedur untuk memperoleh hasilnya, melainkan totalitas  metode yang dicapai secara rasional dan mempunyai efisiensi (untuk memberikan tingkat perkembangan) dalam setiap bidang aktivitas manusia. Jadi teknologi penurut Ellul adalah berbagai usaha, metode dan cara untuk memperoleh hasil yang distandarisasi dan diperhingkan sebelumnya.
Fenomena teknik pada masyarakat kini, menurut Sastrapratedja (1980) memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.    Rasionalistas, artinya tindakan spontan oleh teknik diubah menjadi tindakan yang direncanakan dengan perhitungan rasional
2.    Artifisialitas, artinya selalu membuat sesuatu yang buatan tidak alamiah
3.    Otomatisme, artinya dalam hal metode, organisasi dan rumusan dilaksanakan secara otomatis. Demikian juga dengan teknik mampu mengeliminasikan kegiatan non teknis  menjadi kegiatan teknis
4.    Teknik berkembang pada suatu kebudayaan
5.    Monisme, artinya semua teknik bersatu, saling berinteraksi dan saling bergantung
6.    Universalisme, artinya teknik melampaui batas-batas kebudayaan dan ediologi, bahkan dapat menguasai kebudayaan
7.    otonomi artinya teknik berkembang menurut prinsip-prinsip sendiri.
 
STUDI KASUS:
Bakosurtanal: Indonesia Punya Teknologi Geospasial Canggih 
Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), Asep Karsidi menyatakan warga dan pemerintah Indonesia jangan sekedar menjadi pasar bagi teknologi Geospasial dari luar negeri. Menurutnya, Indonesia juga memiliki teknologi geospasial yang tak kalah canggih dari negara-negara maju.

Hal ini dikatakannya saat membuka acara Konferensi Asia Geospatial Forum (AGF) tahunan ke-10, di Jakarta, Senin (17/10). Konferensi tersebut merupakan pameran teknologi dan aplikasi geospasial negara-negara Asia.

"Forum ini merupakan wahana bagi masyarakat geoinformatika global untuk saling mengenal dan memperlihatkan perkembangan teknologi geospasial," kata Asep saat membuka acara tersebut.

Oleh karena itu, Asep mengharapkan dengan adanya acara ini bangsa Indonesia sadar dan terus mengembangkan teknologi geospasial buatan dalam negeri. Indonesia juga diharapkan untuk tidak malu untuk unjuk gigi di hadapan para peserta dari luar negeri.

Terlebih, para peserta pameran merupakan pengembang solusi geospasial dari berbagai negara seperti AS, Eropa, India, Jepang, China dan lain-lain yang tergabung dalam Geospatial Media and Communications.

Menurut Asep teknologi geospasial dalam negeri pun terus dikembangkan . Misalnya, untuk saat ini, Bakosurtanal sudah meluncurkan "Geospasial untuk Negeri" yang ditandai dengan dirilisnya Geoportal Nasional yang diberi nama Ina-Geoportal.

Teknologi ini memuat informasi geospasial standar yang ditampilkan ke dalam suatu aplikasi berbasis web.Selain itu, Bakosurtanal juga meluncurkan Atlas Nasional Indonesia volume III untuk melengkapi atlas nasional volume I dan II.

Pasalnya, teknologi Atlas Nasional Indonesia volume I mampu menyajikan informasi terkait karakter fisik dan kondisi alam wilayah Indonesia seperti iklim, geologi, geomorfologi, penutupan lahan, pegunungan, rawan bencana hingga kawasan konservasi.

Sedangkan Atlat Nasional Indonesia volume II menyajikan potensi sumber daya alam seperti sumberdaya mineral, air, flora fauna, sebaran ikan, transportasi dan pariwisata.

Sementara Atlas Nasional Indonesia volume III menyajikan informasi dengan aspek waktu terkait wilayah, penduduk, sejarah dan budaya yang disusun sistematis menurut periode.

Selain pameran teknologi, AGF juga diikuti para ahli di bidang perkotaan, bencana, lahan, pemerintahan, utilitas, infrastruktur dan lainnya yang ingin mencari solusi geospasial dalam pengambilan keputusan.

"Informasi geospasial merupakan terobosan ke depan dalam revolusi informasi, dan sedang berkembang dengan kecepatan yang mencengangkan yang disebabkan sifat spasial dan kegunaan visualnya yang luar biasa," kata CEO Geospatial Media, Sanjay Kumar. (Ant/*)

OPINI
Di era globalisasi yang sudah makin canggih ini, penggunaan teknologi canggih adalah suatu kebutuhan penting bagi keberlangsungan hidup masyarakat maupun negara. Sebab semua pekerjaan dapat dilakukan lebih mudah, cepat, akurat dan tidak menghabiskan banyak tenaga dan waktu. Begitupun juga fenomena teknologi yang terjadi dalam masyarakat. Perkembangan teknologi begitu pesat dan semakin lama semakin canggih. Contohnya saja dalam pemanfaatan teknologi pada geospasial, pertanian, geologi, sumber daya alam dan flora fauna. Supaya hasil yang didapat lebih memuaskan dan menguntungkan, perlu digunakannya pemanfaatan teknologi yang mutakhir. Khususnya buatan negara kita sendiri, sebab kemajuan dibidang teknologi itu sangat penting dalam suatu negara. Sebagai bentuk dari upaya turut serta dalam kemajuan era globalisasi.



PKN

             1. Tujuan pendidikan kewarganegaraan:
Berdasarkan Kep. Dirjen Dikti No. 267/Dikti/2000, tujuan Pendidikan Kewarganegaraan mencakup:
1. Tujuan Umum
Untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mahasiswa mengenai hubungan antara warga negara dengan negara serta PPBN agar menjadi warga negara yang diandalkan oleh bangsa dan negara.
2. Tujuan Khusus
1. Agar mahasiswa dapat memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara santun, jujur, dan demokratis serta ikhlas sebagawai WNI terdidik dan bertanggung jawab.
2. Agar mahasiswa menguasai dan memahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta dapat mengatasinya dengan pemikiran kritis dan bertanggung jawab yang berlandaskan Pancasila, Wawasan Nusantara, dan Ketahanan Nasional
3. Agar mahasiswa memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai kejuangan, cinta tanah air, serta rela berkorban bagi nusa dan bangsa. 


2.      Wawasan Nusantara:
Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.  Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional

           
          3.      Hak dan kewajiban warga Negara:
·         Hak Warga Negara Indonesia
1. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hokum
2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak
3. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
4. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai
5. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran
6. Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh
7. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku.
·         Kewajiban Warga Negara Indonesia
1. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh
2. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda)
3. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya
4. Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia
5. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.


4.      Terbentuknya NKRI:
a.       Urutan kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia antara lain sebagai berikut;
peristiwa menyerahnaya Jepang kepada sekutu, perbedaan pendapat golongan tua dan golongan muda, peristiwa Rengasdengklok, penyusunan teks proklamasi dan pembacaan naskah proklamasi.

b.      Penyebar luasan berita proklamasi melalui kantor berita Yoshima, radio dan surat kabar.

c.      Urutan kronologi terbentuknya NKRI antara lain sebagai berikut ; UUD 1945, pemilihan presiden dan wakil presiden, pebentukan departemen, Komite Nasional Indonesial Pusat dan daerah, pembentukan BKR,

d.      dukungan spontan rakyat terhadap proklamasi antara lain; dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan rapat raksasa dilapangan IKADA Jakarta.
           
        
           5.      Demokrasi:
Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut.
          
           6.      Hak asasi manusia:
Hak Asasi Manusia (HAM) adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, Pemerintah dan setiap orang, demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia (Pasal 1 angka 1 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM).

          7.      Bentuk Negara Indonesia:
Bentuk Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik atau lebih dikenal dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pernyataan ini secara tegas tertuang di UUD 45 pasal 1. Indonesia sudah beberapa kali mengalami perubahan bentuk negara yaitu: bentuk negara Federal, Kesatuan atau sistem pemerintahan yang parlementer, Semi-Presidensil, dan Presidensil.
      
          8.      Sikap utk berperan dalam era globalisasi:
  1. Berkompetisi dalam kemajuan iptek;
  2. Meningkatkan motif berprestasi;
  3. Meningkatkan kualitas/mutu;
  4. Selalu berorientasi ke masa depan.

          9.      Ketahanan nasional? Bagaimana ketahanan diri sendiri?:
Ketahanan Nasional adalah suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar, secara langsung maupun yang tidak langsung yang mengancam dan membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan dalam mewujudkan tujuan perjuangan nasional.


        10.  Pemerintah dan presiden?:
Pemerintah adalah organisasi yang memiliki kekuasaan untuk membuat dan menerapkan hukum serta undang-undang di wilayah tertentu
Presiden (Latin: prae-sebelum dan sedere-menduduki) adalah suatu nama jabatan yang digunakan untuk pimpinan suatu organisasi, perusahaan, perguruan tinggi, atau negara.